Barang Mewah Pendidikan

Beberapa hari yang lalu telah disahkan RUU BHP oleh DPR – yang sebenarnya merupakan legalitas praktek BHMN yang sudah diterapkan pada beberapa perguruan tinggi negeri favorit dimana biaya sekolah menjadi sangat mahal – yang kemudian menimbulkan protes langsung dari kalangan mahasiswa. Betapa tidak, pendidikan yang sejatinya menjadi tanggung jawab pemerintah untuk ‘mencerdaskan kehidupan bangsanya’ sendiri sudah menjadi barang mewah bagi kebanyakan rakyat di Republik tercinta ini. Tanggung jawab yang semestinya dilakukan dengan tulus oleh pemerintah di Negara ini berubah kedalam wujud komersialisasi barang dagangan. “Ada uang, You boleh masuk…. ga’ ada uang, mampus aja You!”

Bisa dibayangkan pendidikan murah yang biasanya hanya didapatkan di perguruan tinggi negeri kini menjadi tidak ada peluang lagi bagi rakyat miskin, peluang bagi mereka yang cerdas dan berprestasi pun menjadi berbenturan dengan biaya yang impossible bahkan sekedar untuk dibayangkan saja.

Maka benar apa yang diungkapkan bung Rhoma dalam lagunya, “…yang kaya makin kaya…. yang miskin makin miskin…” Dan memang terbukti apa yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki dalam buku Rich Dad Poor Dad bahwa “Orang kaya akan melahirkan orang kaya baru“. Semua ini karena terputusnya salah satu mata rantai yang dapat mengangkat martabat dan status rakyat kebanyakan di Negeri ini yaitu pendidikan.

Ketika pemerataan pendidikan harus dilakukan untuk mengangkat Negara ini dari berbagai ketinggalan dari negara-negara lain di dunia, yang menjadi pertanyaan besar adalah kemana perginya ‘keberpihakan’ para penguasa negeri ini kepada kebanyakan rakyatnya…???

Advertisements

2 Responses

  1. bleh.. mantap bang..

    saya cuma bisa memandang dari luar, tapi sepertinya pemerintah tidak lagi berpihak pada kepentingan rakyat..
    beberapa keputusan seperti SKB tentang nasib buruh sampai mekanisme harga BBM yang mengikuti harga pasar seperti menunjukkan lepas tangannya pemerintah..

    btw, kalau bisa, tambahin datanya dong bang..
    saya lagi mencari draft UU BHP yang baru ni..
    kalau boleh dishare ya.. ^^

    n thanx juga udah berkunjung ke blog saya..
    keep posting bang..

  2. orang kaya itu terlahir dari orang2 miskin yang baru.

    banyak pihak yang ga rela kalo bangsa ini tambah pinter, om. bisa musnah kepentingan mereka di sini.

    bukannya bangsa ini ga mampu bersaing dengan bangsa lain, tapi emang sengaja dipaksakan untuk tidak boleh bersaing..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: