Reminder!

Nemu postingan sangat bagus di blognya Arif Prasetyo, langsung copy+paste di sini buat pengingat, penenang, pemacu semangat. Buat acuan supaya hidup lebih bisa dikontrol tetap pada jalan yang lurus yang ngga’ lepas dari rel yang telah ditentukan.

KUN FAYAKUUN!

“Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu. Dia hanya berkata kepadanya, ‘Jadilah!’ Maka jadilah sesuatu itu” (QS. Yaasiin (36) : 82)

Segala yang terjadi di deluruh jagat raya ini tidak pernah lepas dari skenario Allah SWT, pun halnya yang terjadi pada masa depan kita. Sesuatu yang tidak mungkin menurut ukuran manusia menjadi mungkin jika kita yakin bahwa semua urusan kita tidak pernah lepas dari tangan Allah SWT.

Dan pelajaran yang diberikan melalui film “Kun Fayakuun” yang diarsiteki oleh Ustadz Yusuf Mansyur bisa memberikan gambaran kepada kita tentang ketentuan Allah itu. Terutama sebagai entrepreneur, tidak ada salahnya kita menengok sebentar film ini sebagai spirit sukses kita. Ada beberapa pelajaran yang perlu kita catat, kita renungkan dan terlebih kita laksanakan sebagai “road to success” kita dalam menjalani kehidupan.

Kekuatan Tawakal

Inilah sebenarnya inti kekuatan yang maha dahsyat itu, yang bahkan mampu mengguncangkan seluruh isi arsy. Keyakinan bahwa Allah adalah sumber kekuatan dimana jika kita dekat dan memohon kepada-Nya maka pasti akan mengabulkannya.

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar”(QS Al Baqarah (2) : 153)

“Mendekat dan Memohon” kepada-Nya inilah yang dilakukan oleh penjual kaca ini setiap harinya baik dalam kondisi lapang maupun sempit. Dia senantiasa komitmen dengan sholat wajib yang diusahakan selalu berjama’ah dan disetiap malamnya dia bersimpuh dihadapan-Nya untuk mengadukan seluruh keinginannya.

Kekuatan Ikhtiar

Ikhtiar ini ibarat sebagai prasyarat yang menjadi sarana untuk menunjukkan keseriusan kita disamping juga sebagai salah satu sebab dikabulkannya do’a kita.

“Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan” (QS. Al Qashash (28) : 77)

Kekuatan Impian

Penjual kaca keliling itu punya mimpi sederhana tetapi sangat jelas, yaitu ingin menjadi pengusaha kaca dengan memiliki toko kaca yang megah. Dan mimpi ini dipertegas setiap dia melewati toko kaca dan ditanamkan kepada seluruh anggota keluarganya. Tentang “impian” ini bisa dilihat dalam postingan saya sebelumnya.

Kekuatan Shadaqah

Shadaqah itu bukanlah “uang sisa” dari penghasilan yang kita dapat, tetapi harus diutamakan dan disengaja di awal setiap kita mendapatkan penghasilan. Sekali lagi, penjual kaca memberi pelajaran yang berharga, ketika dia mendapatkan modal kerja dia menyisihkan 10 % untuk shadaqah dan itu dilakukannya di awal sebelum dia menggunakan modalnya tadi.

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui” (QS Al Baqarah (2) : 261)

Memberi!, Bukan Menerima

“Tangan di atas itu lebih baik daripada tangan di bawah”, inilah hadist Rasulullah saw yang mengajarkan tentang kemandirian. Dan pelajarannya bisa kita lihat secara lebih detail dalam kisah sahabat yang sekaligus entrepreneur bahkan konglomerat di masa Rasulullah, “Abdurrahman Bin Auf”.

Kita jangan malu untuk meminta kepada Allah, karena sebelum yang lain Dia-lah satu-satunya penolong yang kita miliki. Dan rahmat Allah itu sangat luas sehingga tidak pantas kalau kita putus asa dari rahmat Allah.

Di copast dari firaprasa.blogspot.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: